Saturday 13 June 2015

Pengertian MySql

1.       Pengertian MySql
MySQL adalah multiuser database yang menggunakan bahasa structured query language ( SQL ). MySQL dalam operasi client-server melibatkan serverdaemon MySQL disisi server dan berbagai macam program serta library yang berjalan disisiclient. Dalam bahasa SQL pada umumnya informasi tersimpan dalam table - tabel yang secara logic merupakan struktur dua dimensi terdiri dari baris ( row atau record ) dan kolom (column atau field ). Sedangkan dalam sebuah database dapat terdiri dari beberapa tabel.
Pada saat ini, pengelolaan database dengan menggunakan berbagai jenis perangkat lunak sudah mempengaruhi kehidupan masyarakat modern. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan sehari - hari yang tidak terlepas dari penggunaan database dengan menggunakan DBMS ( DataBase Management System ). Manajemen data adalah sekumpulan berbagai disiplin ilmu yang berkaitan untuk mengelola data sehingga menjadi sumberdaya yang sangat bernilai. Sumberdaya manajemen data adalah pengembangan dan eksekusi dari arsitektur database, kebijakan, pelatihan dan prosedur yang dikelola secara baik dan secara menyeluruh untuk kepentingan  manajemen data ini adalah :

·     Database          : Kumpulan data yang saling berhubungan secara logic, dirancang untuk memenuhi                                           kebutuhan akan informasi banyak pengguna.
·         Table               : Baris-baris data yang berada dalam satu atau lebih kolom.
·         Field                : Merupakan kolom yang terdapat di dalam tabel atau disebut juga attribute.
·         Record            : Data yang berada didalamdatabase tersebut.
·         Tuple               : Suatu baris dari suatu relasi.

Sebuah system basis data menyediakan dua tipe bahasa yaitu : tipe untuk menspesifikasikan skema basis data, disebut DDL,  dan tipe untuk mengekspresikan queri atau update basis data disebut MDL.

2.      Tujuan
SQL (dibaca "ess-que-el") singkatan dari Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI (American National StandardsInstitute), SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional. Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti update data atau mengambil data dari database. Beberapa sistem manajemen database relasional umum yang menggunakan SQL adalah: Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres dan lain-lain. Meskipun sebagian besar sistem database menggunakan SQL, kebanyakan dari mereka juga memiliki ekstensi tambahan milik mereka sendiri yang biasanya hanya digunakan pada sistem mereka. Meskipun demikian, perintah - perintah SQL standar seperti "Select", "Insert", "Update", "Delete", "Create", dan "Drop" dapat digunakan pada seluruh DBMS tersebut.

No comments:

Post a Comment