Tuesday 29 March 2016

Perbedaan Bahasa Inggris British Dan America

Dalam berbahasa Inggris, kita mengetahui bahwa bahasa Inggris ada 2 macam, yaitu Inggris British dan Inggris Amerika. Oleh karena itu, jika kalian berbicara dengan orang asing British dan Amerika, ada perbedaan yang sangat signifikan antara bahasa Inggris British dengan bahasa Inggris Amerika. Dengan melihat dialog mereka, maka kita dapat melihat perbedaan saat mereka mengucap kata-kata, pelafalan yang digunakan dan variasi tata bahasa antara mereka.
Perbedaan yang pertama adalah kosa kata (vocabulary), dalam pelajaran di sekolah pada umumnya lebih banyak menggunakan bahasa Inggris British. Misalnya dalam bahasa Inggris British : Football, biscuit, shop. Sedangkan dalam bahasa Inggis Amerika : Soccer, cookie, store.
Perbedaan yang kedua adalah perbedaan dalam ejaan (spelling). Bahasa Inggris British cenderung mempertahankan ejaan kata yang sebenarnya dari Perancis, sedangkan Inggris Amerika mengeja kata dengan lebih mendekati cara mereka melafalkannya serta menghilangankna huruf-huruf yang tidak diperlukan. Contohnya dalam bahasa Inggris British : Colour, labour, centre, defence. Sedangkan dalam bahasa Inggris Amerika : Color, labor, center, defense.
Perbedaan yang ketiga adalah pelafalan (pronounciation) sebagai contohnya dalam bahasa Inggris Amerika kata can dan can’t terdengar sangat mirip, sedangkan dalam bahasa Inggris British anda bisa membedakan secara jelas. Banyak orang Amerika memiliki kecenderungan untuk melakukan pengurangan kata dengan menghilangkan beberapa huruf. Kata “facts” misalnya dalam bahasa Inggris Amerika dilafalkan sama dengan kata “fax” - “t” tidak diucapkan. Sedangkan dalam bahasa Inggris British huruf yang dihilangkan seperti dalam kata “secretary”, dimana huruf “a” tidak diucapkan.
Dalam bahasa Inggris Amerika, kombinasi huruf “cl” dalam kata seperti “cling”, “climat”, “club” dll, kedengaran lebih frikatif. Anda dapat menghasilkan bunyi ini dengan menegangkan pita suara. Penekanan kata terkadang juga berbeda. Contoh, kata “details” mendapatkan penekanan pada huruf “e” dalam Inggris British dan pada “ai” dalam Inggris Amerika.
A. Spelling (Ejaan Kata)
Bahasa Inggris British masih cenderung untuk mempertahankan ejaan dari bahasa Perancis. Tetapi untuk Bahasa Inggris Amerika mencoba untuk menghilangkan ejaan yang tidak diperlukan juga yang lebih mendekati dengan pelafalannya. Berikut adalah beberapa contohnya:


British
American
Colour
Color
Labour
Labor
Metre
Meter
Catalogue
Catalog
Theatre
Theater
Centre
Center
Apoligise
Apologize
Defence
Defense

B. Pronunciation (Pelafalan)
Pada bagian pelafalan, sangatlah jelas bahwa terdapat perbedaan antara Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris British. Banyak sekali perbedaan yang terdapat antara AmericanEnglish dan British English, berikut adalah contohnya:


·  Orang Amerika mengucapkan huruf "R" dengan cara menggulung lidah ke belakang dan merapatkannya ke langit-langit mulut. Sedangkan orang Inggris tidak melafalkan huruf "R" dalam sebuah kata, terlebih jika huruf "R" tersebut berada di akhir kata, contohnya pada kata "Mother".
·      Dalam American English, kata "Can" dan "Can't" sangatlah mirip dan terdengar tak ada perbedaan sama sekali walaupun artinya berbeda. Tetap untuk British English terdapat perbedaan yang jelas, perbedaanya jika untuk kata "Can" mereka melafalkannya "ken" sedangkan untuk "Can't" melafalkannya menjadi"kan't".
·         Orang Amerika cenderung mengucapkan kata yang berakhiran "duce" (Reduce, Produce, dsb) dengan lebih rileks, yang berarti bahwa setelah huruf "D" mengukuti bunyi dari huruf "U". Sedangkan untuk British English, seletah huruf "D" ditambahkan dengan bunyi huruf "J". Orang Amerika cenderung mereduksi kata dengan menghilangkan beberapa huruf. Kata "Facts" misalanya, dalam Bahasa Inggris Amerika dilafalkan menjadi "Fax" dan menghilangkan huruf "T".
·  Terkadang huruf tertentu juga dihilangkan dalam Bahasa Inggris British. Contohnya dalam kata"Secretary", huruf "A" tidak diucapkan. Penekanan dalam sebuah kata atau aksen pun menjadi salah satu pembeda antara British English dan American English. Akan tetapi perbedaan dari aksen ini janganlah dijadikan sebuah persoalan. Aksen hanya merupakn sebuah identitas yang menunjukkan dari mana mereka berasal.

C. Vocabulary (Kosa Kata)
Pada abad ke-18 banyak bermunculan kamus-kamus bahasa inggris yang diterbitkan oleh sastrawan-sastrawan dunia. Dan sangat sulit untuk menemukan standarisasi bahasa inggris yang akan dijadikan jati diri bangsa Amerika ataupun Kerajaan Britania. Selain daripada perbedaan Spelling, dan Pronunciation, terdapat pula perbedaan dari segi Vocabulary (Kosa Kata). Berikut adalah perbedaan Vocabulary antara English British dengan English American:

British
American
Football
Soccer
Biscuit
Cookie
Toilet
Rest room
Shop
Store
Chemist
Drugstore
Pants
Trousers
Torch
Flashlight
Underground
Subway
Groundfloor (lt.dasar )
Firstfloor (lt.dasar)
Sweets
Candy
Rubbish bin
Trash can

Perbedaan yang terdapat antara Bahasa Inggris Brtitish dan Bahasa Inggris Amerika cenderung hanya memperkaya komunikasi dan tidak menimbulkan masalah ataupun kesulitan dalam berkomunikasi.



No comments:

Post a Comment